en id

Tutup Triwulan Tiga 2019, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Layani 4,7 Juta Wisatawan Mancanegara

22 Oct 2019

kembali ke list


MANGUPURA – Menutup triwulan ketiga di tahun 2019, tercatat terdapat 4,7 juta wisatawan mancanegara yang terlayani oleh Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali. Dibanding dengan pencatatan di periode yang sama di tahun 2018 lalu, jumlah wisatawan mancanegara yang memasuki Bali melalui jalur udara mengalami pertumbuhan sebesar 1%.

Dengan jumlah wisatawan sebanyak 4.727.754 jiwa di tahun 2019, jika dibandingkan dengan catatan 4.679.503 wisatawan mancanegara di tahun 2018, terdapat selisih pertumbuhan wisatawan sebanyak 48.251 jiwa.

Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Rahmat Adil Indrawan, memberikan informasi mendetail. “Secara keseluruhan, wisatawan asal Cina masih menduduki posisi puncak, disusul oleh Australia, dan India. Jumlah wisatawan dari tiga negara tersebut jika ditotal, persentase jumlahnya menyentuh angka 63%, atau hampir 2/3 dari total jumlah wisatawan yang kami layani,” ujarnya pada Selasa (22/10) pagi di kantornya.

Hingga akhir September 2019, wisatawan asal Cina tercatat berjumlah 953.129 jiwa, disusul oleh wisatawan dari Australia dengan total 916.152 wisatawan. India mengekor di urutan ketiga, dengan sumbangan 274.519 wisatawan. 

“Seperti yang lalu, tiga negara tersebut tetap menjadi tulang punggung dalam menyumbang wisatawan mancanegara yang berlibur ke Bali. Di urutan empat hingga sepuluh besar juga masih ditempati negara-negara tradisional, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Korea Selatan, Jerman, dan Malaysia. Belum ada kejutan di daftar sepuluh besar negara penyumbang wisatawan,” lanjut Rahmat Adil.

Khusus selama periode triwulan ketiga (Juli-September) tahun 2019 ini, jumlah kumulatif kedatangan wisatawan selama tiga bulan tersebut tercatat berjumlah 1.802.758 wisatawan. Jika dibandingkan dengan jumlah kedatangan wisatawan selama periode triwulan kedua (April-Juni) 2019 dengan jumlah 1.550.487 wisatawan, terdapat pertumbuhan kedatangan wisatawan di triwulan ketiga 2019 sebesar 16%.

“Pada triwulan ketiga tahun 2019 ini, yaitu selama bulan Juli hingga September, tingkat kunjungan wisatawan dari negara yang terletak di belahan bumi bagian utara meningkat pesat. Dari 10 besar negara belahan bumi utara yang mengalami musim panas di periode tersebut, tingkat kunjungan di triwulan ketiga 2019 ini mengalami pertumbuhan hampir sebesar 30% dibanding dengan tingkat kunjungan di triwulan kedua 2019,” terang Rahmat Adil. 

“Hal ini menunjukkan bahwa Bali masih menjadi destinasi wisata utama bagi para wisatawan mancanegara untuk menghabiskan libur musim panasnya. Sementara untuk Australia, rata-rata pertumbuhan dari triwulan pertama hingga triwulan ketiga adalah sebesar 20%. Bukan tidak mungkin jika di akhir tahun, Australia akan muncul di urutan pertama negara dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terbanyak,” tutupnya.

Untuk memenuhi tuntutan peningkatan layanan bagi penumpang, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali terus melakukan pembenahan dan inovasi. Beberapa waktu lalu, diperkenalkan fasilitas Digital Meeting Point yang ditujukan untuk mempermudah proses penjemputan penumpang. Selain fasilitas baru tersebut, fasilitas Holding Room yang diperuntukkan bagi penumpang dengan kebutuhan khusus juga dipercantik untuk semakin meningkatkan kenyamanan bagi penumpang. [RN]